Jakarta – Ajang Festival Komputer Indonesia (FKI) 2010 yang masih berlangsung hingga hari ini di Jakarta Convention Center (JCC) dimanfaatkan sakah satu distributor bernama Astrindo Senayasa untuk mengedukasi teknologi Eyefinity dari AMD.

Eyefinity merupakan teknologi grafis AMD yang mampu menampilkan gambar pada tiga atau enam monitor sekaligus. Untuk mengenalkannya kepada para pengunjung FKI 2010, Astrindo yang berpusat di Mangga Dua itu merakit simulator mobil balap yang menggabungkan tiga buah monitor yang melebar menjadi satu.

Astrindo juga melengkapinya dengan sebuah steering wheel atau kemudi, jok mobil dan audio yang mendukung. Alhasil, sebuah simulator game balap pun hadir di tengah pameran.

“Berbeda dengan kelas hardcore gamer, beberapa orang awam belum mengerti tentang teknologi ini. Inilah bentuk edukasi kita kepada pengunjung,” papar salah satu penjaga booth Astrindo.

Dia pun menjelaskan bahwa simulator tersebut menggunakan grafis papan atas AMD yakni Saphire ATI HD 5970.

Sayangnya harga tiga seri grafis AMD yang ditawarkan dalam FKI 2010 kali ini
terbilang mahal dan tidak ada potongan harga khusus. ATI HD 5830 dibanderol seharga Rp 2,4 juta, sementara seri 5870 dan 5850 masing-masing memiliki harga jual Rp 3,8 juta dan Rp 2,8 juta.

Iklan