Category: Ekonomi dan Keuangan


Banyak orang-orang yang sukses di internet dan kebanyakan mereka masih berusia muda, misalnya Larry Page, Jerry Yang, Mark Zuckerberg dan lain sebagainya. Mereka menjadi inspirator bagi Penulis untuk lebih menekuni bisnis online. Bahkan ada satu fenomena kedahsyatan internet pada tahun-tahun belakangan ini yakni keberhasilan tim sukses Obama menggunakan internet untuk memenangkan pilpres di Amerika.

Tak puas dengan bisnis web development yang Penulis tekuni, Ia pun mencoba bisnis online lainnya, yakni penjualan kambing, penjualan komputer, pulsa elektrik dan lain sebagainya secara online. Alhamdulillah meski penghasilannya belum terlalu besar namun Penulis telah membuktikan bahwa internet memang dapat menjadi ladang uang.

Berbekal keinginan untuk saling berbagi pengalaman itulah Penulis menulis buku ini, karena Penulis sendiri telah membuktikan bahwa internet dapat menghasilkan jutaan rupiah, meskipun Penulis sadar bahwa masih banyak internet marketer lainnya di Indonesia yang penghasilannya jauh lebih besar dari Penulis, namun bagi para pemula yang ingin belajar berbisnis di internet, mari kita belajar bersama. Semoga buku ini dapat menjadi sumber inspirasi bagi kita semua.

Sekarang ini, untuk berjualan tidak perlu punya toko cth toko batik/toko baju online. Lewat dunia maya pun, Anda bisa menjajakan produk. Bahkan, toko online punya banyak kelebihan. Sudah murah, calon pembeli pun bisa datang dari mana saja. Inilah tips membuat toko online agar memikat pelanggan.

1. MEMILIH TEMPAT
A. Gratisan
Ada beberapa tempat yang menyediakan fasilitas gratisan seperti blogger.com (blogspot), multiply.com, wordpress.com. Pada awalnya, fasilitas gratis ini adalah tempat kegiatan blogging pada umumnya seperti berbagi cerita dan foto. Namun, dalam perjalanannya, dimanfaatkan untuk kegiatan jualan mis kain batik, model batik danbaju batik. Memakai fasilitas ini cenderung mudah, bahkan sudah tersedia template tampilan yang lumayan banyak dan menarik.

B. Berbayar
Kini sudah banyak penyedia layanan toko online cth toko batik/toko baju dengan sewa mulai Rp 750.000 per tahun dan bisa diperpanjang lagi. Harga tersebut sudah termasuk pembelian nama domain serta hosting selama setahun serta pelatihan maintenance. Dengan memakai layanan ini, toko online kita lebih serius dengan memakai alamat dan tampilan sesuai yang kita inginkan.

2. MEMILIH NAMA
Pilihlah nama domain dengan kata kunci yang gampang diingat dari jualan toko online Anda. Dengan memakai kata kunci ini, toko online kita gampang ditemui oleh pengunjung melalui mesin pencari (search engine). Misalnya saja,Anda menawarkan produk tas sekolah, model batik, baju batik atau kain batik dll.

3. BUATLAH ATURAN
Buatlah aturan dan tata cara belanja(jual baju atau model batik) secara jelas dan mudah dipahami oleh calon pembeli seperti aturan pemesanan, pembayaran, dan pengiriman.

4. PASANG ALAMAT
Pasanglah alamat Anda(toko jual baju anda), email, dan nomor telepon yang bisa dihubungi dengan jelas. Bila perlu, pasang foto Anda untuk lebih meyakinkan.

5. DAFTAR INTERNET BANKING
Pilihlah rekening bank yang memiliki jaringan nasional dan daftarkan rekening pembayaran toko Anda dengan fasilitas internet banking untuk memudahkan kontrol pembayaran dari pembeli produk Anda.

6. PENGIRIMAN
Kemas barang pesanan dengan memperhatikan segi keamananan. Pastikan barang tidak rusak sampai tujuan. Pilihlah jasa pengiriman yang terpercaya dan murah. Simpan nota/resi pengiriman untuk kontrol pengiriman.

Pram, sekarang sudah kenal yang namanya jajan. Kebetulan toko di dekat rumah itu ada 5 toko. Wuih kebayangkan?!, terkadang Pram masih bisa dinasehati, tapi ya lebih sering nangisnya, kalau minta jajan ga’ di kasih. Saya tidak ingin gegabah mendidik Pram, tanpa memikirkan prioritas untuk anak, apa yang diminta langsung diberi, maka tidak jarang anak semakin lama justru akan menjadi manja. Semua keinginan harus dituruti, entah itu sebenarnya bermanfaat atau enggak untuk mereka.

Akibatnya membengkak juga pengeluaran bulanan menjadi semakin tidak terkendali. Untuk mengatasi perilaku boros pada anak, saya mau mencoba benerapa tips di bawah ini semoga berhasil, ya minimalbisa meminimalisir frekuensi jajan Pram :

* Sebelum mengajarkan perilaku hemat pada anak, orang tua sebaiknya memberikan contoh pada anak agar tidak boros atau berlaku konsumtif. Bagaimanapun juga anak akan meniru apayang ada dilingkungan dekatnya terlebih dahulu, termasuk orangtua. (kalau orangtuanya juga hoby shopping yaaa, maklum aja kalau sang anak juga suka jajan hihi)

* Ketika anak menginginkan beberapa barang sekaligus, tanyakan pada anak barang mana yang paling dia butuhkan saat ini, buat urutan skala prioritas. Beritahukan pada anak bahwa tidak semua keinginan itu harus dipenuhi saat ini, tetapi pilih barang manayang diutamakan segera dimiliki untuk saat ini, tentu menyesuaikan dengan dana yang tersedia.

* Ajarkan pada anak untuk mengatur keuangan sendiri. Orang tua mencoba memberikan uang saku pada anak untuk jangka waktu satu minggu sekaligus. Anak diajarkan tanggung jawab mengatur keuangannya sendiri, dan mencoba berhemat. (wah kalau ini sihPram belum perlu dan belum bisa juga, soalnya Pram baru 3 th hihi).

* Berilah reward pada anak pujilah anak Anda jika telah berhasil mengatur keuangan sendiri sesuai waktu yang telah ditentukan.

* Bicarakan dahulu dengan pasangan Anda, agar bisa selalu konsisten dengan peraturan yang ada, jangan sampai Ibu membatasi uang saku, tetapi Ayah malah memenuhi apa saja keinginan anak.

* Ajarkan juga kepada Anak untuk menyisihkan sebagian uang saku untuk ditabung, misalnya untuk memberi barang-barang yang selama ini diinginkan anak dikemudian hari.

* Tidak semua barang yang diinginkan anak mesti dipenuhi. Saat ini banyak permintaan oleh anak yang tidak semestinya harus dituruti. Contohnya saja jika anak masih duduk di bangku SD minta dibelikan motor, ya jangan dituruti karena memang belum perlu.

Semoga berhasil!!!!
Terima kasih buat yang sudah mampir ke Lentera Bunda…Banyak cinta dari kami..

Heran deh kenapa duit abis mulu..gara-gara laper mata tuh..coba deh ubah cara belanja kamu…selain bisa hemat, kamu juga bisa nyimpen duit buat barang yang bener-bener kamu butuhin.

a. LIST-A-MUST
Belanja itu merupakan godaan terbesar setiap cewe so, jangan lupa buat bikin daftar belanja, biar uang kamu tidak terbuang buat hal-hal yang kurang berguna

b. coba deh buat menjadi pemerhati DISKON. Perhatikan kapan toko kesayangan kamu ngeluarin diskon. Biasanya diskon besar-besaran bakal diadakan setelah perayaan, akhir tahun dan musim liburan.

c. VOUCHER-COLLECTOR. Coba tanyain ama ortu, kakak atau sodara kamu apakah mereka punya voucher atau penawaran istimewa dari kartu kredit mereka.

d. Tampil ok emang udah jadi impian setiap anak cewe, but kamu juga mesti ngerti apakah trend fashion sekarang udah pas ama kamu atau nggak. Untuk tampil fashionable kamu nggak perlu ngeluarin duit banyak kok, cukup mix and match baju-baju lama kamu plus rajin-rajin liat tips GC dijamin bakal ok deee..be creative gals..

Menabung…huh dari dulu hingga sekarang susah sekali untuk menabung, ada saja keperluan yang mendadak atau pengen beli… Kalau sudah begitu terpakasa deh pecahkan Celengan Semar.. GUBRAKK!!.. :)

Menurut orang yang ahli dibidangnya dan sering melakukan survey bahwa Kebiasaan menabung orang Indonesia ternyata dari tahun ke tahun tidak berubah. Hanya 47 persen orang Indonesia yang sudah mulai menabung, serta hanya 29 persen yang taat kepada anggaran belanja yang dibuatnya. (bener ga sih??)

Trus..gimana sih caranya agar mudah menabung?? Masih menurut orang tersebut ada 10 cara mudah menabung:

1. CATAT KEBIASAAN ANDA DALAM SEBULAN
Sebenarnya menabung itu sangat mudah, selama pengeluaran Anda lebih kecil dari pendapatan. Sebelum itu, Anda harus tahu bagaimana kebiasaan Anda dalam mengeluarkan uang setiap bulannya. Cobalah untuk mencatat pengeluaran harian, mingguan dan bulanan. Kemudian tentukan mana yang perlu dikurangi.. :)

2. SISIHKAN UANG UNTUK ANDA PRIBADI
Kunci kesuksesan menabung adalah untuk menyisihkan uang di awal, sebelum pembayaran hal-hal lain seperti membayar listrik, air dan cicilan. Tentukan tujuan jangka panjang dan secara reguler tabunglah uang Anda dalam tabungan ataupun investasi.
Karena jika Anda terbiasa untuk berbelanja dan baru berusaha menabung setelah ada sisa uang di akhir bulan, maka umumnya sisa uang yang ada di rekening Anda tidak banyak.

3. TENTUKAN TANGGAL
Jika Anda mendapat gaji bulanan maka tidak akan bermasalah untuk menentukan tanggal untuk menyisihkan dana, tapi bagi Anda yang menerima upah/gaji tiap dua minggu, maka tentukan satu dari dua tanggal tersebut untuk menyisihkan dana yang akan ditabung. Jika Anda wirausahawan, tentukan tanggal di tengah bulan di saat Anda tidak membayar tagihan-tagihan.

4. BAYARLAH UTANG ANDA
Segera melunasi utang adalah salah satu cara terbaik untuk mempercepat Anda dalam menabung. Hal ini disebabkan karena bunga pinjaman lebih tinggi dari bunga tabungan.

5. JAGA TERUS DISIPLIN ANDA
Setelah utang terbayar, maka teruslah sisihkan dana setiap bulannya ke tabungan, bahkan lebih baik lagi jika tersedia penarikan otomatis untuk dimasukkan ke investasi.

6. MOTIVASI DIRI ANDA UNTUK MENCAPAI HASIL YANG BESAR
Tentukan apa yang Anda inginkan dan ketahui berapa jumlah dana yang dibutuhkan, kemudian tentukan cara yang realistis seperti menabung reguler selama enam bulan.

Letakkan gambar yang menunjukkan apa yang Anda impikan di meja kerja, kamar ataupun dompet agar Anda selalu ingat tujuan Anda menabung. Jadi tiap kali ada godaan diskon ataupun Obral Pakaian di mal, Anda tidak mudah tergoda.

7. BUKA REKENING YANG TIDAK BISA ANDA SENTUH
Untuk pembelian dengan jumlah yang lebih besar, menabunglah perlahan dengan memanfaatkan deposito. Rekening ini umumnya memiliki tingkat bunga lebih tinggi daripada tabungan biasa, dan jangka waktu yang periodenya telah ditentukan. Dengan demikian Anda tidak dapat menyentuhnya saat ada godaan untuk berbelanja, namun tetap dapat dicairkan saat terjadi keadaan darurat.

8. GUNAKAN CELENGAN ATAU TOPLES UNTUK KOIN ANDA
Uang dalam bentuk koin sering dianggap tidak penting, padahal jika dikumpulkan sesuai dengan pepatah “sedikit sedikit lama lama menjadi bukit” Di saat toples atau celengan penuh bisa menambah jumlah tabungan Anda atau dapat digunakan untuk kebutuhan yang lainnya.

9. KANTONGI BONUS & KEJUTAN LAINNYA
Setiap kali Anda menerima bonus atau hadiah dalam bentuk tunai, langsung masukkan ke rekening tabungan. Uang ini bukan bagian dari penghasilan reguler Anda, sehingga jangan digunakan untuk kebutuhan sehari-hari Anda dan simpanlah. Jika Anda memiliki utang, gunakanlah dana ini untuk melunasi utang Anda.

10. BIASAKAN HIDUP HEMAT
Terdapat banyak cara untuk berhemat tanpa harus menderita. Bawalah makanan dan air minum dari rumah, gunakan transportasi umum, berhenti merokok, berlibur di saat yang tidak padat (low season), manfaatkan diskon agar memperoleh barang yang Anda “butuhkan” dengan lebih murah, dan masih banyak lagi.

Berbicara mengenai uang memang tak akan ada habisnya. Uang bisa banyak menolong hidup kita tetapi bisa juga menjerumuskan kita dalam masalah jika kita salah dalam mengelolanya. Ada beberapa hal yang boleh dan yang tidak boleh Anda lakukan dengan terhadap uang Anda :

Yang Boleh Anda lakukan :

1. Anda boleh memiliki tabungan dan kartu kredit atas nama pribadi, baik itu bagi Anda yang sudah menikah maupun yang belum. Jadi jika terjadi sesuatu entah pada orangtua ataupun suami, Anda tetap bisa memenuhi kehidupan diri sendiri.

2. Anda boleh memulai sebuah investasi sejak dini. Sekalipun saat ini Anda memiliki pekerjaan yang baik bukan berarti itu menjamin hari tua. Coba temukan sebuah investasi untuk yang baik.

3. Anda bisa menjadikan hobi sebagai lahan penghasilan tambahan. Semua hobi bisa dijadikan sebagai lahan penghasilan. Misalnya Anda suka membaca buku, tak ada salahnya membuka toko buku online. Anda menyukai bahasa Inggris, memberikan kursus di waktu luang juga dapat menghasilkan uang.

4. Anda boleh tetap menabung meskipun usia Anda tidak muda lagi. Menabung tak terbatas usia, tak pula terbatas hanya di bank saja. Suatu saat, uang Anda dapat menjadi “harta tak terduga” ketika dibutuhkan.

Tidak boleh Anda lakukan :

1. Anda tidak boleh merahasiakan anggaran keuangan keluarga. Membiarkan pasangan mengatur semua masalah keuangan. Pernikahan tak hanya dilandasi rasa cinta namun juga rasa percaya. Pasangan Anda, suami atau istri, sudah sepatutnya mengetahui keluar masuknya keuangan keluarga.

2. Anda tidak boleh mudah terbujuk rayunan sales kartu kredit. Semakin banyak Anda memiliki kartu kredit semakin besar pula peluang hutang yang dimiliki. jika memang ingin memiliki kartu kredit, pelajari semua syarat dan ketentuannya, juga batasi penggunaannya.

3. Anda tidak boleh memberikan uang jajan yang berlebihan pada anak Anda. Jangan biarkan dia menjadi manja dan ketergantungan yang besar dengan keadaan keuangan Anda.

4. Anda tidak boleh mendewakan uang. Banyak orang menghabiskan waktunya hanya untuk mencari uang dengan mengorbankan dan melupakan keluarga mereka. Uang hanyalah alat menuju kehidupan yang lebih baik, yang mengantarkan Anda pada kebahagian.

Tuhan tidak memiliki masalah dengan uang Anda, tetapi Tuhan tidak ingin uang mengendalikan hidup Anda.

Kita sering membicarakan tentang uang; bagaimana mendapatkan banyak uang, bagaimana mengatur pengeluaran, berapa yang ditabung, serta diinvestasikan di mana. Kita sibuk merencanakan, memikirkan, dan mengkhawatirkan uang yang kita miliki, sehingga seolah-olah uang adalah hal yang paling penting di dunia.

Uang memang penting dalam kehidupan, tanpa alat tukar ini kita tak akan bisa memenuhi kebutuhan hidup. Uang membuat kita bisa melakukan banyak hal dibandingkan jika kita tak memilikinya. Tetapi sepenting-pentingnya uang, sebanyak apa pun pundi-pundi uang Anda, ada hal-hal yang tak bisa dibeli olehnya:

Kehilangan waktu
Uang tak akan mengembalikan waktu yang telah berlalu. Setelah hari berganti, waktu 24 jam tersebut akan hilang dan tak akan pernah kembali. Karena itu gunakan setiap kesempatan yang ada untuk menyatakan perhatian dan kasih sayang Anda pada orang tercinta, sebelum waktu itu berlalu.

Kebahagiaan
Memang kedengarannya klise, uang tak bisa membeli kebahagiaan. Tapi inilah kenyataannya. Uang memang bisa membuat Anda merasa senang karena bisa membiayai liburan, membeli elektronik terkini, atau mobil paling cepat. Tapi setumpuk uang tak kan pernah bisa menghadirkan kebahagiaan yang nyata yang berasal dari dalam hati kita. Kebahagiaan jenis ini hanya datang dari hubungan yang membahagiakan serta dukungan dan cinta dari keluarga.

Kebahagiaan Anak
Untuk memberikan sandang dan pangan yang layak kepada buah hati memang dibutuhkan uang. Tapi uang tak bisa memberikan rasa aman, tanggung jawab, sikap yang baik, serta kepandaian, pada anak-anak. Hal itu merupakan buah dari waktu dan perhatian yang Anda curahkan untuk mereka dan hal-hal baik yang Anda ajarkan. Uang memang membantu kita memenuhi beberapa aspek pengasuhan, tapi waktu telah membuktikan bahwa kebutuhan dasar tiap anak adalah berapa banyak waktu yang diberikan orangtuanya, bukan uangnya.

Cinta
Ini satu hal klise lainnya, cinta tak bisa dibeli dengan uang, tapi akuilah hal itu benar. Dengan uang kita bisa membuat orang tertarik, tapi cinta berasal dari rasa saling menghargai, perhatian, berbagi pengalaman, dan kesempatan untuk berkembang bersama. Itu sebabnya banyak pasangan yang menikah karena uang, tak bertahan lama.

Penerimaan
Untuk diterima oleh lingkungan pergaulan, Anda tak butuh uang. Bila Anda ingin diterima, fokuskan energi Anda untuk membuat diri Anda berharga bagi lingkungan sekitar dengan menjadi teman dalam suka dan duka.

Kesehatan
Kita butuh uang untuk mengongkosi biaya perawatan dan membeli obat, tapi uang tak bisa menggantikan kesehatan yang hilang. Itu sebabnya pepatah lebih baik mencegah daripada mengobati sebaiknya kita terapkan. Mulailah berolahraga, berhenti merokok, dan banyak hal lain yang pasti sudah Anda tahu.

Kesuksesan
Beberapa orang memang ada yang mencapai kesuksesan dengan menyuap, tapi ini adalah pengecualian. Kesuksesan hanya berasal dari kerja keras, kemauan, dan sedikit kemujuran. Ada aspek kecil dari usaha menuju sukses yang bisa didapatkan dengan uang, misalnya mengikuti pelatihan atau membeli peralatan, tapi sukses lebih banyak berasal dari usaha yang Anda lakukan sendiri.

Bakat
Kita dilahirkan dengan bakat tertentu. Dengan uang, yang bisa kita lakukan adalah mengasah bakat tersebut, misalnya belajar musik. Namun para ahli mengatakan, untuk menjadi ahli di bidangnya, kita membutuhkan bakat.

Sikap yang baik
Banyak orang yang kaya raya tapi sikapnya kasar dan ucapannya sinis. Tak sedikit orang sederhana yang tutur katanya sopan dan menunjukkan rasa hormat pada orang lain. Jadi, jumlah uang yang dimiliki bukan penentu sikap atau manner seseorang.

Kedamaian
Bila uang bisa membeli kedamaian, barangkali kita tak lagi mendengar tentang perang. Justru yang sering terjadi sebaliknya, uang lah yang menjadi sumber pertikaian dan permusuhan.